Tulisan 1 (Hukum Saat ini di Indonesia)

TULISAN 1

HUKUM SAAT INI DI INDONESIA

Pada tulisan kali ini Saya akan mengulas sedikit tentang kondisi hukum di Indonesia saat ini. Kondisi saat ini hukum di Indonesia cukup memprihatinkan. Bagaimana tidak, persoalan keadilan masyarakat atau hukum yang berlaku di Indonesia tidak di terapkan dengan baik secara semestinya. Maka dari itulah dapat menjadikan persoalan ini sangat serius dalam konteks penegakan hukum. Hal ini menjadi persoalan yang tak dapat diabaikan begitu saja.

Hukum di Indonesia merupakan campuran dari sistem hukum hukum Eropa, hukum Agama dan hukum Adat. Sebagian besar system yang di anut, baik perdata maupun pidana, berbasis pada hukum Eropa continental, khususnya dari Belanda karena aspek sejarah masa lalu Indonesia yang merupakan wilayah jajahan dengan sebutan Hindia Belanda (Nederlandsch-Indie). HUkum Agama, karena sebagaian besar masyarakat Indonesia menganut Islam, maka dominasi hukum atau Syari’at Islam lebih banyak terutama di bidang perwakilan, kekeluargaan dan warisan. Selain itu, di Indonesia juga berlaku system hukum Adat yang diserap dalam perundang-undangan atau yurisprudensi, yang merupakan penerusan dari aturan-aturan setempat dari masyarakat dan budaya-budaya yang ada di wilayah Nusantara.

Dengan penanganan kasus-kasus hukum yang terjadi menjadi semakin rumit dengan berjalan nya waktu semakin lama tak menemukan titik temu.

Dari KOMPAS.com – Ketua Presidium ikatan Cendekiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI) tutur Nanat kepada para wartawan seusai bertemu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (14/3/2012). “Penegakan hukum yang terjadi saat ini, yang benar bisa menjadi salah dan yang salah bisa menjadi benar, tergantung situasi dan kondisi sehingga kondisi tersebut menyentuh hati nurani dan rasa keadilan yang paling substansial dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,”

Banyak khasus-khasus hukum masih bertahan dalam penyelesaian keadilan. Semoga negara Indonesia tetap dalam format NKRI menjadi negara makmur, adil dan rakyatnya sejahtera selaras dengan misi dan visi UUD 1945.

Β 

SUMBER :

  1. http://www.kompasiana.com/www.didikbangsaku.blogspot.com
  2. http://nasional.kompas.com/read/2012/03/14/1723197/ICMI.Mafia.Hukum.Merajalela
  3. http://oasisbiru.blogspot.com/2011/10/kondisi-hukum-di-indonesia-saat-ini.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s